Monday, December 2, 2013

Cerita Rakyat tentang Seorang Petapa

                                                  Kesaktian Seorang Petapa



Disuatu tempat ada sebuah pantai yang dikenal dengan keangkerannya karena ombaknya itu selalu menelan bencana setiap nelayan yang melewatinya dan para wisatawanpun hilang diterjang ombak yang setinggi 30 Meter itu apalagi kapal yang melintas juga tidak pernah berhasil lewat ditempat itu karena setiap kapal yang melintas juga tenggelam. Lokasi tersebut sedikit mendekati laut samudera jadi sebelumnya tak ada satupun yang berhasil melintas.
Ditengah-tengah lautnya tersebut ada sebuah pulau kecil yang tak ada penghuninya dan hanya  ada sebuah makam tua didalamnya. Konon katanya kuburan itu adalah kuburannya seorang musafir sakti yang meninggal saat bertapa berpuluh-puluh tahun yang lalu. Tiba- tiba ada seorang yang tidak diketahui identitasnya dan bukan berasal dari daerah itu sendiri nekat untuk sampai disebuah pulau yang dikenal sangat angker itu.
Jarak dari pesisir pantai menuju pulau itu berkisar 8 KM, tetapi lelaki itu dengan modal tekat dan berani dengan tangan kosong berenang untuk sampai kepulau itu. Lelaki itu berenang sambil berdoa kepada tuhannya agar bisa diberikan kemudahan baginya untuk mencapai keinginannya. Ditengah laut lelaki itu di terjang ombak besar tetapi ia tetap berusaha keras sampai akhirnya lelaki itu tiba disebuah pulau itu.
Tiba disana, ia langsung menuju sebuah pemakaman dan bertapa disana , lokasi pemakaman itu dikenal dengan keajaibannya karena di pinggir makam itu dikelilingi oleh pepohonan yang daunnya sangatlah lebat dan setiap daun yang berjatuhan tidak pernah jatuh di makam itu melainkan diluarnya. Bertahun-tahun lelaki itu bertapa di dekat pemakamannya itu ia selama bertapa sering di ganggu oleh mahluk halus yang terkadang menyerupai hewan yang berukuran besar dan buas.Tetapi dengan keyakinannya yang kuat lelaki itu mampu melewatinya disetiap ia diganggunya.
Disuatu malam ia bertapa sambil berdzikir dan tiba-tiba gurita yang sangat besar seperti halnya pesawat terbang mendekati lelaki itu namun tidak bisa masuk kepemakaman itu , mahluk halus itu seakan – akan ingin memangsa seorang petapa itu tak lama berubah lagi menjadi seekor ular besar . namun karena kuatnya lelaki akan cobaan yang ditimpanya tiba- tiba ada cahaya putih yang menyerupai orang berjubah putih,  cahaya putih itu seakan-akan mendekati seorang yang bertapa itu dan berkata “ Bukalah matamu “ akhirnya seorang petapa itu mulai membuka mata dan masa petapanya sudah selesai. Dan lelaki itu pulang dan melewati lautan yang dikenal angker itu dengan cari berjalan kaki di atas permukaan lautan..

No comments:

Post a Comment